Wednesday, June 12, 2013

Menjadi Bijak Di Jejaring Sosial


Jejaring Sosial | Mengakses layanan internet itu merupakan sebuah jalan menuju kebebasan. Kita bisa mencari informasi apa saja dengan mengakses internet. Namun, adanya kebebasan itu terkadang tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, dan bahkan membuat kerugian pihak lain.

Saat ini mayoritas orang menggunakan layanan internet untuk mengakses jejaring sosial, baik melalui ponsel maupun komputer. Jejaring sosial ini sudah menjadi situs wajib yang harus dibuka mayoritas orang saat ini. Bahkan aktivitasnya setiap detik dijadikan status dalam jejaring sosialnya.

Nah, menyikapi sebuah kebebasan berinternet dalam hal ini saat menggunakan Jejaring Sosial, kami ingin berbagi tips bagaimana menggunakan jejaring sosial secara bijak.


1. Control Privacy
Kita harus memiliki sebuah kontrol atau batasan-batasan dalam menyebarluaskan masalah-masalah pribadi. Jangan sampai masalah pribadi mudah ketahui orang lain dengan mudahnya di Jejaring Sosial. Karena hal tersebut bisa jadi menjadi pintu pembuka masalah lain.

2. Bukti Nyata
Kita harus memiliki bukti nyata sebelum mempublish sesuatu di jejaring sosial. Ketika mempublish sesuatu, katakanlah kutipan yang menyinggung kelemahan salah satu produk, Kita harus memiliki bukti nyatanya. Karena sekali klik kirim ke sebuah jejaring sosial, seketika itu juga apa yang anda tulis langsung menyebarluas dengan mudah dan cepat ke internet.

3. Konten Positif
Selalu publish tulisan-tulisan atau foto-foto yang memiliki manfaat bagi orang lain. Selain bermanfaat bagi orang lain, Anda pun akan mendapat respon yang baik dari teman jejaring sosial anda.

4. Data Pribadi
Jangan publish data pribadi secara detail, karena hal tersebut bisa dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mencuri data Kita yang kemudian dimanfaatkan untuk hal-hal negatif.

5. Interaksi
Selalu berinteraksi dengan semua teman jejaring sosial. Banyak ditemui, memiliki teman hingga ribuan namun yang hanya di selalu diinteraksikan hanya beberapa saja. Hal ini dimaksudkan agar hubungan anda dengan teman bisa baik dan aman.













By : Fajar Joyonegoro

0 comments:

Post a Comment