Friday, June 14, 2013

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember


Adalah merupakan penerapan dari ilmu-ilmu terapan dan teknik pada kegiatan pertanian yang diterapkan untuk memudahkan manusia memanfaatkan hasil pertanian secara maksimal.  Fakultas Teknologi Pertanian memiliki beberapa Program Studi di antaranya  :

  1. Program Studi Teknologi Hasil Pertanian  ( S 1 )
  2. Program Studi Teknik Pertanian  ( S 1 )

Fasilitas Fakultas Teknologi Pertanian 

  1. Ruang Kelas Ber-AC
  2. Agrotechno Park
  3. Free Hostpot Area
  4. Perpustakaan Mini
  5. Area Diskusi Bersama 
  6. Mushola
  7. Kantin
  8. Dan Fasilitas Pendukung lainnya
Agrotechno Park


Pengetahuan Yang Dipelajari di Fakultas Teknologi Pertanian

Teknologi pertanian merupakan penerapan prinsip-prinsip matematika dan ilmu pengetahuan alam dalam rangka pendayagunaan secara ekonomis sumberdaya pertanian dan sumberdaya alam untuk kesejahteraan manusia.

Falsafahnya teknologi pertanian merupakan praktik-empirik yang bersifat pragmatik finalistik, dilandasi paham mekanistik-vitalistik dengan penekanan pada objek formal kerekayasaan dalam pembuatan dan penerapan peralatan,bangunan, lingkungan, sistem produksi serta pengolahan dan pengamanan hasil produksi. Objek formal dalam ilmu pertanian budidaya reproduksi berada dalam fokus budidaya, pemeliharaan, pemungutan hasil dari flora dan fauna, peningkatan mutu hasil panen yang diperoleh, penanganan, pengolahan dan pengamanan serta pemasaran hasil. Oleh sebab itu, secara luas cakupanteknologi pertanian meliputi berbagai penerapan ilmu teknik pada cakupan objek formal dari budidaya sampai pemasaran.

Teknologi Pertanian memiliki bidang kajian sebagai berikut   :

Sistem teknologi proses industri pertanian |  kegiatan pertanian yang berkaitan dengan perencanaan, instalasi dan perbaikan suatu sistem terpadu yang terdiri atas bahan, sumberdaya, peraltan dan energi pada pabrik agroindustri.

Manajemen industri |  kajian yang berkaitan dengan perencanaan, pengoperasian dan perbaikan suatu sistem terpadu pada permasalahan sistem usaha agroindustri.

Teknoekonomi agroindustri |  kajian yang berkaitan dengan perencanaan, analisis dan perumusan kebijakan suatu sistem terpadu pada permasalahan sektor agroindustri.

Manajemen mutu |  penerapan prinsip-prinsip manajemen (perencanaan, penerapan dan perbaikan) pada bahan (dasar, baku), sistem proses, produk, dan lingkungan untuk mencapai taraf mutu yang ditetapkan.


Pekerjaan Lulusan Fakultas Teknologi Pertanian

  1. Bisa jadi PNS di Perkebunan, Pertanian.
  2. Bisa jadi site manager pada proyek-proyek pertanian milik pemerintah.
  3. Bisa kerja di pabrik-pabrik  pengolahan hasil pertanian.
  4. Selain lulusan Fakultas Teknologi Pertanian juga memiliki ruang lingkup pekerjaan yang luas yang bersesuai dengan bidang studinya.
  5. Dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan Teknologi Pertanian.




Informasi lebih lanjut dapat dilihat di web Fakultas Teknologi Pertanian

Baca juga tentang Informasi Universitas Jember

Serta Informasi lebih lanjut di web Universitas Jember





By : Fajar Joyonegoro

4 comments:

  1. ini yang aku cari, makasih gan artikelnya.
    sharing juga ni, dengar-dengar blog jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah kadang juga saya mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia

    ReplyDelete
  2. Kami Jingga A Raya perusahaan profesional penyedia jasa Coating, Epoxy Flooring, waterproofing, dan supplier bagi segala kebutuhan industri dll
    Pengalaman kami untuk hasil terbaik Anda

    Silahkan berkunjung ke website kami : www.jinggaraya.com

    Kami melayani seluruh area Indonesia
    Hp 082138515538
    WA 081393071048
    Email : jinggaraya.coating@gmail.com; info@jinggaraya.com

    #epoxysemarang #epoxysolo #epoxyyogyakarta #epoxyjawatengah #epoxysurabaya #epoxymalang #epoxysidoarjo #epoxymojokerto #epoxyjawatimur #epoxybandung #epoxypurwakarta #epoxycirebon #epoxyjawabarat #epoxyserang #epoxytangerang #epoxybanten #epoxyjakarta #epoxylampung #epoxysumatra #epoxybali #epoxykalimantan #epoxysulawesi #epoxyindonesia #epoxykita

    ReplyDelete
  3. Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com Atau bicaralah dengan Tn. Benjamin Di WhatsApp Via_. + 1-989-394-3740
    Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya bersyukur.

    ReplyDelete