Thursday, June 13, 2013

Manfaat Ilmu Sosial



Ilmu sosial adalah mata kuliah softskill yang merupakan mata kuliah wajib diberikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Mata kuliah bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dan mahasiswi, berbeda dengan mata kuliah bantu adalah yang bertujuan untuk menopang keahlian dalam disiplin ilmunya. 

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang membahas masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan konsep, dan teori yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu  sosial seperti Ilmu Geografi, Ilmu Sosial, Ilmu Sosiologi, Ilmu Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.

Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang gejala-gejala sosial agar daya tanggap mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Dengan memiliki dan menerapkan sikap tersebut dapat memudahkan mahasiswa dalam menghadapi kehidupan di luar dan di dalam kampus, dan penerapan ilmu sosial dasar juga dapat bermanfaat untuk di dunia kerja nanti.














By : Fajar Joyonegoro

1 comment: