Thursday, June 13, 2013

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember


Fakultas FISIP secara umum mempelajari tentang bagaimana perilaku masyarakat , sosial, politik secara universal fakultas FISIP memiliki beberapa program studi diantaranya :


  1. Program Studi Ilmu Administrasi ( S 3 )
  2. Program Studi Ilmu Administrasi ( S 2 )
  3. Program Studi Ilmu Administrasi Negara ( S 1 )
  4. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional ( S 1 )
  5. Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis ( S 1 )
  6. Program Studi Ilmu Kesehjahteraan Sosial ( S 1 )
  7. Program Studi Sosiologi ( S 1 )
  8. Program Studi Perpajakan ( D3 )
  9. Program Studi Usaha Perjalanan Wisata ( D 3 )


Fasilitas di FISIP Universitas Jember

  1. Ruang Kelas Ber-AC
  2. Free Hostpot Area
  3. Perpustakaan Mini
  4. Mushola
  5. Kantin
  6. Dan Fasilitas Pendukung lainnya


Pengetahuan Yang Didapat di FISIP

Pengetahuan mengenai perkembangan dan perilaku manusia, yang menekankan suatu pengetahuan holistik, manusia dan dengan timbal balik pengaruh lingkungan sekitar, termasuk pengaruh-pengaruh sosial, psikologis, ekonomik, politik dan budaya. 

Pengetahuan yang diperoleh dari ilmu alam untuk memahami aspek-aspek fisik keberfungsian manusia, dan pengetahuan yang diperoleh melalui studi dalam kemanusiaan yang membantu menjelaskan kondisi kemanusiaan dengan menjelaskan budaya filosofis, dan cara-cara berfikir dan berekspresi kondisi manusia
Pengetahuan mengenai hubungan serta interaksi manusia. Di sini termasuk pengetahuan komunikasi manusia, pemahaman orang perorang, keluarga, kelompok kecil, juga hubungan dan interaksi antara individu-individu, kelompok-kelompok serta organisasi dan kelembagaan masyarakat.

Pengetahuan mengenai teori-teori praktik pekerjaan sosial yang sesuai (siap digunakan) dalam interaksi, proses pertolongan, serta metode dan strategi intervensi yang tepat untuk berbagai situasi politik.
Pengetahuan mengenai kebijakan dan pelayanan sosial, termasuk pengetahuan profesional dan struktur kelembagaan yang menyediakan pelayanan terhadap orang yang membutuhkan pertolongan dan pengetahuan sejarah pergerakan yang telah mempengaruhi kebijakan, dampak kebijakan sosial terhadap keberfungsian manusia, dan peran pekerja sosial dalam pengembangan kebijakan sosial.

Self-Knowledge (pengetahuan diri),yang membuat sadar para pekerja sosial dan melakukan tanggung jawab terhadap emisi, nilai-nilai, sikap-sikap dan tindakan sendiri, ketika mereka melakukan praktik pekerja sosial profesional.

Pengetahuan khusus yang memungkinkan pekerja sosial bekerja dengan kelompok populasi tertentu. Pengetahuan ini termasuk klien, setting praktik dan badan pelayanan khusus.


Pekerjaan Lulusan FISIP Universitas Jember

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah mendesain para lulusannya untuk tampil sebagai pemikir masalah publik, analis kebijakan publik, manajer publik dan pengembang Ilmu Administrasi Negara. Dengan desain lulusan seperti ini, ranah lapangan pekerjaan yang dapat diraih adalah jenis-jenis pekerjaan yang terdapat di institusi-institusi yang bergerak di sektor publik, seperti: pemerintah daerah, kementerian/ departemen, lembaga non departemen, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perguruan tinggi, dan penyedia pelayanan publik. Meskipun demikian, para lulusan FISIP tetap didesain untuk adaptif bekerja di sektor privat, misalnya sebagai analis pekerjaan (job anayst), analis kebijakan (policy analyst), dan manajer pelayanan (service manager) di perusahan-perusahan swasta.




Informasi lebih lanjut dapat dilihat di web Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Baca juga tentang Informasi Universitas Jember

Serta Informasi lebih lanjut di web Universitas Jember






By : Fajar Joyonegoro

0 comments:

Post a Comment